Hukum I Newton : benda akan tetap diam atau bergerak lurus bila tidak ada gaya yang bekerja padanya atau jumlah resultan gayanya sama dengan nol. hukum ini juga disebut sebagai hukum kelembaman. ya. aku mencoba melawan kelembamanku. agar aku tidak menjadi manusia yang diam atau hanya bergerak stabil tanpa ada perubahan dan karya dalam hidupku. aku tidak mau BERGAYA NOL!! SMANGAAAAAATTTTTT!!!!!!!

tarbiyah is never end!!

tarbiyah is never end!!

Ahlan wa Sahlan yaa Akhy wa Ukhty...

salam ukhuwah..
semoga blog ini bisa menjadi media silaturrahim dan bermanfaat di jalan kebaikan.

saling mengingatkan di kala lupa dan menasehatkan tatkala khilaf..

marilah kita berusaha mendapatkan 5 hal melalui 5 jalan :
1. berkah rezeki akan diperoleh melalui shalat dhuha
2. cahaya dalam kubur melalui shalat tahajjud
3. kemudahan dalam menjawab pertanyaan mungkar dan nakir melalui membaca al-Qur'an
4. kemudahan melintasi shiratal mustaqim melalui shaum dan shodaqoh
5. mendapat perlindungan arsy Ilahi pada hari hisab melalui dzikrullah

insya Allah,. semoga kita dipertemukanNYA di syurga kelak. aamiin... (^o^)//

Rabu, 18 November 2009

revolusi BELAJAR?

Dikutip dari buku "be an absolute GENIUS" karya Sutanto Windura, terbitan PT. Elex Media Komputindo, Gramedia Jakarta

seorang anak yang punya gaya belajar kinestetikal kuat, sedapat mungkin dibebaskan untuk bergerak sambil belajar. jika tidak, seluruh konsentrasinya akan dipakai untuk mengendalikan dirinya agar tidak bergerak. artinya, dia tidak akan belajar sama sekali! (halaman 24)

dahsyat ya?? ternyata sistem pembelajaran yg berlaku selama ini di Indonesia -guru ceramah di depan kelas dan siswa 'tertuntut' untuk duduk manis di bangkunya- telah membuat siswa bergaya belajar kinestetikal malah tidak mengikuti proses pembelajaran sama sekali. wajarlah kalau begitu bila siswa menganggap sekolah sebagai kegiatan yang membosankan.

trus gimana buat yang visual sm auditorial?

kurang lebih sama.

buktinya, kalau ada siswa yang mendengarkan musik sambil belajar -pake mp3- pasti sama gurunya dilarang atau disita,, padahal tanpa sepengetahuan guru, siswa tersebut adalah anak bergaya belajar auditorial yang butuh musik untuk menjaga keseimbangan kerja otak kanan dan kirinya.

yang visual juga. mereka membutuhkan banyak animasi dalam pembelajaran. mereka butuh visualisasi konkrit mengenai materi yang disampaikan. tapi sayangnya, mayoritas guru di lapangan saat ini, minim kreativitas dalam penyediaan media pembelajaran yang 'menarik', sehingga siswa terjebak dengan kondisi yang memaksanya untuk -lagi-lagi- tidak belajar sama sekali.

hmm,, jangan-jangan ini terjadi karena sang guru tersebut tidak mengerti 'learning how to learn' juga??

PR kita bersama nih..

-semoga bisa jadi bahan renungan untuk yang peduli pada pendidikan-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

rekan,.

siapa yang punya??

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
aku,. adalah muslimah yang selalu berusaha mendapatkan ridho Allah dalam setiap gerak langkah.. biarlah usiaku singkat, asalkan karya juangku bisa membuat Islam bangga.. asalkan dapat ku mahkotai kedua orangtuaku di syurgaNya kelak.. biarlah nafasku terhenti dini,. asalkan dapat ku tutup mata dengan asyhadu an-laa ilaaha illallah... (aamin..)